Harga Daging Kambing Terbaru Tahun Ini – Pangandaran

Harga daging kambing dipengaruhi oleh berbagai variabel yang meliputi ketersediaan produk serta permintaan daging di pasar. Meski demikian, terdapat banyak jenis kambing dengan harga daging di atas rata-rata sehingga menjamin kualitas daging internasional.
Kambing pedaging merupakan hewan yang fokus utamanya menghasilkan daging. Diawali dari proses pembibitan, pembesaran dan pemasaran melalui kontrol yang ketat untuk menjaga kualitas tetap tinggi. Beberapa kambing pedaging yang terkenal antara lain kambing Boer dan kambing Kacang.
Khususnya khususnya bagi kambing Boer yang dikenal sebagai penghasil daging unggul. Dia memiliki tubuh yang sangat ramping dengan daging yang kokoh. Keunggulan kambing Boer sebagai daging premium sudah terkenal di luar negeri.
Oleh karena itu, selain ketersediaan dan permintaan pasar, daging kambing jenis tertentu dapat dibeli dengan harga yang berbeda-beda. GB Farm menjual daging kambing dan produk olahan ternak setelah melalui proses quality control (QC) yang ketat.

Update Harga Kambing Saat Ini Secara Umum Tahun Ini

Kesegaran daging kambing penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian seseorang. Pasalnya, dalam 100 gram daging kambing (berbagai jenis pada umumnya) terkandung kurang lebih 16 gram protein dan 142 kalori. Ini juga mengandung 20g lemak, 11 mg kalsium, 1 mg zat besi, serta vitamin lain seperti vitamin B.
Sebagai daging domba segar, daging kambing dapat diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat dan bergizi. Kita semua tahu bahwa ada 3 jenis daging yang paling terkenal, antara lain daging sapi, ayam, dan domba/kambing.
Bisa dibayangkan makanan olahan seperti sate kambing, kari kambing, dan juga nasi goreng kambing. krengsengan, kepala kambing rica dan sop ekor kambing kambing 10gkleng, dan lain-lain. Sekadar menyebut kata, olahan makanan sudah merangsang keinginan untuk segera menyantapnya.
Mengikuti perkembangan harga daging kambing terkini dapat bermanfaat bagi produsen dan pembeli. Bagi mereka yang merupakan konsumen, mereka diharapkan dapat membeli daging jenis ini dengan harga yang wajar. Sedangkan bagi industri daging berguna dalam menentukan harga jual untuk keuntungan materi.
Ternyata keberadaan daging kambing yang dijual dapat mempengaruhi harga, namun tidak sebesar perbedaan pasokan, ketersediaan, dan permintaan pasar jenis kambing. Berdasarkan data Info Pangan (https://infopangan.jakarta.go.id/publik/dashboard/26), rata-rata harga daging kambing 1kg adalah Rp 146.200.
Harga paling murah Rp 90.000 per kilogram, sedangkan termahal Rp 160.000 per kilogram. Memang benar harganya akan bervariasi berdasarkan jenis daging yang Anda beli. Semakin baik kualitas dan kuantitas daging maka semakin tinggi pula harganya.
Update Harga Daging Kambing Jenis Tertentu
Mengetahui jenis daging yang tersedia untuk kambing adalah cara yang lebih baik untuk mempersiapkan diri dalam menentukan harga daging tertentu. Kambing di Amerika tidak hanya diolah setelah dewasa, namun ada juga yang memanfaatkan dagingnya saat masih sangat kecil.
Salah satu contohnya adalah kambing Nubia (Anglo Nubian), meskipun kambing ini tergolong kambing perah karena kualitas susunya yang luar biasa. Namun daging kambing Nubia di negara lain merupakan pilihan yang populer, terutama untuk daging yang masih muda.
Perbedaan budaya antara Indonesia dengan negara lain membuat daging kambing yang dianggap paling dihormati adalah yang mempertimbangkan unsur-unsur yang berbeda. Selain dari Indonesia, beberapa contoh kambing pedaging yang terkenal adalah kambing Boer, Savanna, Myotonic, Kiko, Spanish (Hispaniolan), Katahdin dan Nubian.
Di Indonesia (dalam negeri), kambing pedaging yang paling terkenal adalah kambing peranakan Etawa (PE), Kacang, Benggala, Jawarandu dan Boer. Secara internasional, masyarakat lebih fokus pada daging berkualitas tinggi, tidak peduli seberapa mahal biayanya.
Namun mayoritas masyarakat Indonesia lebih fokus pada harga dibandingkan kualitasnya. Itulah perbedaan utama harga daging kambing internasional dan domestik.
1. Daging Kambing Peranakan Etawa (PE) Rp 150.000 per Kilogram
Merupakan kambing peranakan Etawa (PE) yang merupakan jenis kambing lokal yang banyak dimanfaatkan untuk produksi susu. Namun, tidak jarang daging hewan PE banyak disukai karena lebih kaya nutrisi. Secara umum, rata-rata harga daging PE per kilogram adalah Rp150.000.
Biayanya lebih mahal jika memilih bagian tertentu, misalnya paha belakang tanpa tulang. Selain itu, harganya lebih murah di area tertentu, seperti jeroan kaki, kepala, atau karkas. Jika menelusuri pasar, Anda akan kesulitan menemukan daging kambing PE karena tujuan utama hewan ini adalah susunya (dairy).
2. Daging Kambing Kacang Rp 125.000 per Kilogram
Berikutnya adalah kambing Kacang yang terkenal di Indonesia sebagai penghasil daging murah. Di pasaran harga daging
Daging jenis ini biasanya berharga Rp. 125.000 per kg (hewan utuh).
Ada kemungkinankemungkinan mendapatkan harga lebih murah lagi jika Anda membeli bagian yang dekat dengan tulang (bukan daging utuh). Menemukan penjual daging kambing lokal sangatlah mudah karena kambing Kacang membuat sate dan gule olahan, serta pola makan berbahan dasar kambing.
3. Daging Kambing Bengal Rp 140.000 per Kilogram
Kambing Bengal mempunyai posisi tubuh yang lebih besar dan tinggi dibandingkan kambing Kacang. Kambing jenis ini juga laris manis sebagai penghasil daging ternama di Indonesia. Rata-rata harga daging segar jenis Bengal itu adalah Rp 140.000 per kilogram.
Untuk kaki dan kepala yang bersih rata-rata biayanya Rp 90000 untuk satu kilogramnya. Apalagi daging kambing jeroan murni yang paling murah harganya berkisar Rp 60.000 per kilogram. Komponen terbaik dan termasuk daging utuh adalah paha belakang tetapi akan lebih mahal jika tidak memiliki tulang.
4. Daging Kambing Jawarandu Rp 110.000 per Kilogram
Jenis kambing terpopuler berikutnya yaitu Jawarandu berbahan dasar daging yang merupakan hasil persilangan antara kambing Etawa dan Jawa (Kacang). Badan Jawarandu lebih tinggi dan gagah dibandingkan Kacang Tanah biasa. Dagingnya juga banyak.
Harga karkas kambing Jawarandu Rp 110.000 per kilo. Perlu diwaspadai karena harga tersebut untuk daging yang tidak bersih dan ada tulangnya. Misalnya, sepotong daging utuh tanpa tulang harganya bisa mencapai Rp 140.000 per kilogram.
5. Daging Kambing Boer Rp 160.000 per Kilogram
Kambing boer terkenal sebagai penghasil daging di seluruh dunia. Mereka berasal dari Afrika Selatan dan kemudian berhasil dibudidayakan di berbagai negara dan wilayah, termasuk Australia. Peternakan modern Australia memiliki kambing Boer darah lengkap yang garis keturunannya dijamin 100%. Artinya biayanya bisa mencapai 30 juta per ekor.
Sedangkan untuk harga pembelian daging Boer per kilogramnya, Anda harus memperhatikan apakah itu Boer fullblood, Boer F1, atau persilangan lainnya. Semakin murni kambing Boer, semakin mahal harganya (tetapi Boer berdarah murni jarang dimanfaatkan untuk diambil dagingnya karena fokusnya adalah pada pembiakan kualitas terbaik).
Harga daging Boer mulai dari Rp 160.000 untuk satu kilogram ras F1. Jika Anda ingin membeli daging kambing yang sudah disembelih harganya bisa mencapai lebih dari Rp 200.000 per kilogram.
#dagingkambing #dagingkambingsurabaya #dagingkambingmurah #dagingkambingpremium #dagingdomba #hargadagingkambing #hargadagingdomba #hargadagingkambingsurabaya #jualdagingkambing #jualdagingkambingsurabaya